wellcome to our life ^_^

Kami bukanlah seorang hacker bukan pula seorang profesional. tetapi kami adalah kelompok pemuda yang sedang belajar. Marilah kita sama-sama belajar agar kita menjadi orang yang pintar..... ^_^

Sabtu, 27 Februari 2010

Apa Itu Planet Gliese 581 C




Para ilmuwan mengumumkan, planet seperti bumi di luar tata surya kita telah ditemukan dan dapat mendukung pelabuhan air dan kehidupan,.
Air dalam bentuk cair adalah unsur kunci bagi kehidupan seperti yang kita kenal. Planet yang baru ditemukan ini terletak di “Goldilocks”-jarak tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari bintang untuk menyimpan air di permukaannya tidak membeku atau menguap.
Untuk sementara astronom belum mampu mencari tanda-tanda biologi di planet, penemuan ini adalah sebuah tonggak bersejarah dalam pendeksian planet dan pencarian kehidupan di luar Bumi, suatu potensi untuk mengubah pandangan kita secara mendalam pada alam semesta.
“Tujuannya adalah untuk menemukan kehidupan di planet seperti Bumi di sekitar bintang seperti Matahari. Ini adalah langkah ke arah itu,” kata pemimpin studi Stephane Udry dari Observatorium Jenewa di Swiss. “selangkah kamu menemukan sesuatu, Anda merasa sangat bahagia.”
Planet baru sekitar 50 persen lebih besar daripada Bumi dan kira-kira sekitar lima kali lebih besar. Planet baru “super-earth” disebut Gliese 581 C, setelah bintangnya, Gliese 581, sebuah bintang kerdil merah mungil yang terletak 20,5 tahun cahaya itu jaraknya. besarnya sekitar sepertiga dari Matahari.
Planet Terkecil
Gliese 581 C adalah planet ekstrasolar yang terkecil, atau ” exoplanet,” telah ditemukan .Hal ini terletak sekitar 15 kali lebih dekat ke bintangnya dibandingkan dengan Bumi dan Matahari; satu tahun di planet ini setara dengan 13 Bumi hari. Karena kurcaci merah, yang juga dikenal sebagai M dwarf, adalah sekitar 50 kali lebih redup dari Matahari dan lebih dingin, planet ini bisa mengorbit lebih dekat kepadanya. sementara itu masih tetap dalam zona layak huni, yang berbentuk bola di sekitar sebuah bintang yang di dalamnya suhu planet dapat menopang air dalam bentuk cair di permukaannya.
Karena terletak di dalam zona layak huni bintang dan relatif dekat dengan Bumi, Gliese 581 C dapat menjadi target yang sangat penting bagi masa depan misi ruang angkasa yang didedikasikan untuk mencari kehidupan di luar Bumi, kata anggota tim peneliti Xavier Delfosse dari Universitas Grenoble di Perancis.
“Di peta harta karun alam semesta, satu akan tergoda untuk menandai planet ini dengan X,” kata Delfosse.
Dua planet lain diketahui menghuni sistem kurcaci merah. Salah satunya adalah 15 kali massa Bumi “hot-Jupiter” planet gas ditemukan oleh tim yang sama dua tahun lalu, yang mengorbit lebih dekat ke bintang daripada Gliese 581 C. lain adalah yang tingginya 8-massa planet Bumi ditemukan pada waktu yang sama Gliese 581 C, tapi yang terletak di luar zona layak huni bintang.
Kemungkinan Waterworld
Model komputer memprediksi Gliese 581 C adalah salah satu planet berbatu seperti Bumi atau Waterworld tertutup sepenuhnya oleh lautan.“Kami memperkirakan bahwa suhu rata-rata super-Bumi ini terletak di antara 0 dan 40 derajat Celcius [32-104 derajat Fahrenheit, dan air dengan demikian akan cair," kata Udry.
Para ilmuwan menemukan dunia baru dengan menggunakan instrumen harpa Observatorium di Selatan Eropa teleskop 3,6 meter di La Sille, Chili. Mereka bekerja apa yang disebut kecepatan radial, atau " wobble," teknik, di mana ukuran dan massa dari planet ditentukan berdasarkan gangguan kecil itu menginduksi dalam atau bintang induknya melalui gravitasi. Udry mengatakan ada cukup banyak waktu antara perhitungan Gliese 581 C ukuran dan kesadaran itu berada dalam zona layak huni bintang. "Hal itu terjadi di akhir," kata Udry.
Ketika itu memukulnya, Udry tahu dia akan menghabiskan waktu tangkas panggilan telepon dari media. "Anda langsung berpikir tentang wartawan yang akan seperti itu sangat banyak," katanya kepada SPACE.com.
Lebih banyak ditemukan.
David Charbonneau, seorang astronom di Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CFA) yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan temuan baru adalah sebuah "penemuan absolutely fantastic."
"Artinya mungkin ada lebih banyak lagi planet di luar sana," Charbonneau mengatakan dalam sebuah wawancara telepon. Gliese 581 C apakah kehidupan pelabuhan masih belum diketahui, tetapi "sangat memuaskan untuk pertama kalinya sebagai persyaratan kunci."
David Latham, seorang astronom di Harvard-Smithsonian CFA, mengomentari ilmuwan lain 'pujian dari penemuan tetapi mengatakan langkah berikutnya adalah untuk menemukan dunia yang sama di mana orbit dihuni membawa planet di antara bumi dan bintang induknya. Hal ini akan memungkinkan para ilmuwan untuk mengamati transit dengan menggunakan teknik, dimana cahaya bintang peredupan kecil yang disebabkan oleh planet bagian wajah dari sinar matahari dapat digunakan untuk menghitung ukurannya.
Kemudian para ilmuwan dapat menentukan dengan pasti apakah dunia ini berbatu atau ditutupi oleh air, kata Latham.
Alan Boss, ahli teori planet di Carnegie Institution of Washington, mengatakan planet baru berpotensi untuk membuat air dalam bentuk cair "menarik." Gliese 581 C "adalah planet yang paling dekat Bumi lain yang telah ditemukan hingga saat ini. Saya berharap SETI orang-orang yang mendengarkan," kata Bos.
Seth Shostak, astronom senior di institut SETI, mengatakan sistem Gliese 581 sebenarnya sudah tampak pada dua kali sebelum tanda-tanda kehidupan cerdas. Pertama kali adalah pada tahun 1995 menggunakan Teleskop Radio Parkes di Australia; yang kedua kalinya terjadi pada tahun 1997 menggunakan 140-kaki teleskop di Greenbank, West Virginia. Kedua kali telah mengungkapkan..
"Sudah terlihat dua kali, tapi itu tidak berarti kita tidak boleh melihatnya lagi," kata Shostak. "Dan memang kita harus karena ini adalah kandidat terbaik planet ekstrasurya orang yang telah datang dengan belum."
Shostak mengatakan dia "teler" oleh penemuan. "Ini menunjuk pada sesuatu yang di masa lalu hanya merupakan asumsi, yaitu bahwa dunia berukuran Bumi tidak langka," katanya. "Kami tahu hanya dua [planet di zona layak dihuni]. Kami tahu ini dan kita tahu kita sendiri. Tapi dua adalah lebih baik daripada satu.”
Shostak mengatakan sistem Gliese 581 kemungkinan besar akan melihat lagi lebih jauh lebih luas dari spektrum radio ketika Allen Telescope Array baru mulai beroperasi musim panas ini.
di ketuk dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar